Kamis, 10 Desember 2015

J.CO Donuts & Coffe

Isma Novianty 
13010157
Managemen 202



Sejarah terbentuknya J.CO Donuts & Coffe
J.CO Donuts adalah restoran dan waralaba yang mengkhususkan dalam donat,yogurt beku dan kopi. Pemilik perusahaan J.co adalah Johnny Andrean WNI keturunan Tionghoa didirikan tanggal 26 Juni 2005. 2. J.Co adalah perusahaan makanan & minuman yang mengkhususkan produknya dalam bentuk donat, kopi, dan yogurt beku serta tambahan burger. J. CO Donuts & Coffee yang dimiliki dan dikelola oleh Johnny Andrean Group. J. CO Donuts & Coffee ini terinspirasi dari donat di Amerika Serikat. Johnny Andrean pada awalnya berkeinginan membeli franchise donat AS, namun ia menemukan beberapa kelemahan produk, yaitu pada bahan dasar dan proses produksi yang kurang dalam hal kontrol kualitas, sehingga ia mengurungkan niatnya. Johnny memutuskan untuk mengembangkan donat sendiri tanpa mendapatkan donat waralaba AS. Ia memilih untuk menghasilkan bentuk dan rasa donat yang sempurna, dengan fokus khusus pada kualitas bahan dasar dan proses produksi.
Ketika ia kembali ke indonesia, ia kemudian mengembangkan sebuah toko donat dengan konsep, bentuk,rasa yang serupa degan toko donat di Amerika Serikat. Johny melihat sejauh ini tidak ada toko donat di Indonesia memiliki dapur terbuka, sehingga ia memulainya di gerai J.CO.  Jadi selain memiliki rasa yang berbeda konsep toko juga di buat sebagai dapur terbuka sehingga konsumen dapat melihat berbagai atraksi pembuatan donat, langsung dai mencampur bahan sampai dengan siap untuk di jual donat tersebut.

Visi dan Misi
Burung merak pada logo J.CO Donuts & Coffe merupakan representasi visi dan misi perusahaan.

Visi :
Membentuk J.CO Donuts & Coffe sebagai Internasional Premium Donuts & Coffe Brand terkemuka.
Menjadi Trend-setting lifestyle dalam donuts and coffe brand
Menjadi perusaaan yang tepat bagi orang-orang yang tepat dalam meraih cita-cita mereka.


Misi :
Menyediakan kualitas premium donat dan kopi
Mendorong karyawan dalam meraih cita-cita
Menempatkan pelanggan sebagai priorotas
Berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dengan sungguh-sungguh
Menyediakan tempat yang sempurna untuk bersantai
Memperlakukan setiap orang dengan hormat dan bermatabat

Filossofi Logo
J.Co Donuts & Coffe menggunakan simbol merak dalam logo mereka. merak disini melambangkan keindahan elegan kelmebutan keabadian. Keindahan dan kelembutan tercermin dari rasa dan bentuk donat sementara keabadian dapat di lihat dari loyalitas konsumen yang bersedia berdiri dengan antrian panjang di toko-toko untuk mendapatkan donat favorit mereka.

Segmentasi Pasar
Berikut segmentasi pasar J.Co Donuts & Coffe
1. Segmentasi Geografis
Wilayah pemasaran J.CO Donuts & Coffe saat ini tak hanya di Indonesia, akan tetapi juga meluas ke negara lain seperti Malaysia,Singapura,Filipina, dan Australia. kedepannya J.CO Donuts & Coffe akan go Internasional untuk memperluas pasar J.CO Donuts & Coffe cenderung menyasar wilayah urban.
2. Segmentasi Demografis
Umur : 18-45 tahun
Jenis kelamin : Laki-laki dan perempuan
3. Segmentasi Psikografis
Segmentasi ini di dasarkan pada penggolongan kelas sosial,gaya hidup,atau ciri kepribadian lainnya, J.CO Donuts & Coffe menyasar kelas sosial menengah hingga keatas dengan gaya hidup modern,menggemari aktivitas sosial serupa hangout di kafe serta menggemari makanan dan minuman dengan brand premium.
4. Segmentasi Perilaku
Segmetasi ini di dasarkan pada tingkat pengetahuan, sikap penggunaan atau anggapannya terhadap suatu produk. segmentasi ini dapat di bedakan atas dasar kesempatan penggunaan, manfaat yang di cari,status pemakaian dan tingkat pemakaian. J.CO Donuts & Cofee tidak mengenal kesempatan pengunaan, sedangkan dari sisi manfaat yang di cari ia dapat brand pesaing dan pemenuhan cita rasa masyarakat. selain itu JCO meyasar konsuen potensial dan konsumen tetap brand pesaing untuk memperluas pasar serta tidak mengenal tingkat pemakain.

Kelebihan dan Kelemahan Produk J.Co

Kelebihan
1. Memiliki variant rasa yang berkualitas dan menciptakan inovasi pada setiap tampilan produk.
2. Konsep dapur yang terbuka serta penambahan topping pada donat.
3. Bahan baku yang digunakan diimpor dari luar negeri sehingga mendapatkan posisi sebagai produk dengan kualitas premium di Indonesia.
4. Proses produksi menggunakan alat-alat modern yang terjamin tingkat higienisnya.
5. Suasana yang dirasakan ketika berada di J.Co, yaitu keindahan, kerapihan, kenyamanan dari setiap gerainya.

Kelemahan
1. Fasilitas tempat duduk yang kurang memadai saat konsumen sedang antri.
2. Terkadang waktu pembelian j.co donut, donut nya keras sudah tidak fresh.
3. Harga produk j.co yang mahal mungkin karena bahan-bahan dan kualitas produknya sendiri.
4. Tidak bisa disimpan terlalu lama.
5. Proses pembuatan yang lebih dari 50% menggunakan mesin sehingga sumber daya manusia yang terserap sebagai tenaga kerjanya sedikit .

Strategi memasuki Pasar Internasional

Strategi Marketing
J.CO. Donuts menjadi berbeda dari produk donat lain di tanah air karena diposisikan sebagai produk lifestyle dan disasarkan untuk konsumen dari segmen menengah keatas dengan gaya hidup dinamis, muda dan modern. Untuk menggarap segmen pasar ini, J.CO. membuat donat yang tidak mengenyangkan, lebih tipis dan teksturnya lebih lembut, bisa dimakan kapan saja dan dimana saja?donat yang ada di pasar sebelumnya, porsinya cenderung lebih besar dan mengenyangkan. Sementara J.CO.,dari ukuran dan bentuknya, lebih cocok disebut camilan atau makanan selingan pengantar makan besar. Dari sisi harga J.CO.cukup kompetitif.J.CO. memakai strategi experiential marketing lewat konsep open Wfchen-nya. Diluar Negri Seperti Malaysia atau Singapore Sangat cocok untuk menjadi menu Hangout.

Strategi Distribusi
Brand activation untuk membangun brand. Strategi ini direalisasikan dalam bentuk sampling di sekitar gerai, membuat akun twitter, web dan fanpage di fb dalam dunia maya, masuk ke komunitas ibu-ibu arisan dengan menyelenggarakan factory visit dan demo pembuatan donat. Bagi perusahaan ini, endorsement pengunjung ? lewat antrian panjang yang mengular di outlet ? dan media yang menulis cerita tentang kelezatan, kekhasan, dan “kehebohan” J.CO. lebih penting ketimbang iklan. Strategi branding ini berhasil menciptakan word of mouth dan menuai publisitas. Dari sisi tampilan outlet, J.Co. mencoba menghadirkan nuansa internasional dengan design minimalis yang simple tapi tetap elegan dan modern, nyaris mirip desain gerai cafe shop ternama di dunia, Starbucks.

Media Promosi
J.co mempunyai website khusus yaitu  www.jcodonuts.com yang menyediakan beragam menu-menu didalamnya dengan konten yang lengkap untuk menjawab rasa penasaran para penyuka J.co serta design web yang sangat menarik. J.co juga mempunya akun twitter untuk media promosi yang sangat inovatif dan praktis @JcoIndonesia di akun ini menyediakan jasa delivery untuk j.cool yogurt dan delivery donuts juga tentunya, selain memudahkan kostumer untuk mengetahui produk terbaru dari J.co ternya akun twitter ini juga menyediakan beberapa promo salah satunya “BUY PASEO premium Tissue and Get JCO voucher valid in all JCO store.Hurry!! The voucher are limited. via: @JcoIndonesia ” dan masih banyak lagi promo lainnya di twit dan juga fan page di FB nya yaitu J.CO Donuts and Coffee Indonesia.


Kesimpulan
Identifikasi brand positioning J.CO Donuts & Coffee jika dilihat dari brand itu sendiri adalah sebagai berikut. J.CO Donuts & Coffee adalah brand lokal yang diposisikan sebagai brand internasional. J.CO Donuts & Coffee merupakan representasi gaya hidup modern yang mengandalkan kualitas dan pelayanan terbaik. J.CO Donuts & Coffee menawarkan ambience pada para pelanggannya, hal ini dapat kita lihat dari tatanan interior gerai dan fasilitas meja dan kursi yang nyaman bagi para pelanggan.
Dari segi market segmentation, J.CO Donuts & Coffee berusaha meraih pelanggan yang mengutamakan kualitas dan menggemari brand premium. Selain itu, J.CO Donuts & Coffee menyasar pelanggan yang menjadikan hanging out in café sebagai lifestyle. Konsumen J.CO Donuts & Coffee dalam jangkauan kepribadian ialah mereka yang senang bersosialisasi dan memiliki cita rasa tinggi.
J.CO Donuts & Coffee dan kompetitor-kompetitornya saat ini mengembangkan strategi mereka masing-masing. Keunikan J.CO Donuts & Coffee yang menjadi pembeda dan memberikan nilai plus dibandingkan para kompetitornya adalah konsep dapur transparan sehingga konsumen dapat melihat secara langsung pembuatan donat dan produk-produk J.CO Donuts & Coffee lainnya. Selain itu, J.CO Donuts & Coffee mengedepankan kualitas dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi yang didatangkan dari luar negeri .




1 komentar:

  1. 1. https://huruftimbuljakarta18.blogspot.com/2018/03/huruf-timbul-murah-custom-bahan-dan.html
    2. https://huruftimbuljakarta18.blogspot.com/2018/03/huruf-timbul-akrilik-murah-bank-bni.html
    3. https://huruftimbuljakarta18.blogspot.com/2018/03/huruf-timbul-murah-pondok-pinang-0819.html
    4. https://huruftimbuljakarta18.blogspot.com/2018/03/jual-huruf-timbul-murah-stainless-0819.html
    5. https://huruftimbuljakarta18.blogspot.com/2018/03/jual-huruf-timbul-bank-murah-0819-9600.html
    6. https://huruftimbuljakarta18.blogspot.com/2018/03/huruf-timbl-murah-bahan-akrilik-0819.html
    7. https://huruftimbuljakarta18.blogspot.com/2018/03/huruf-timbul-caffe-murah-bahan-akrilik.html
    8. https://huruftimbuljakarta18.blogspot.com/2018/03/huruf-timbul-murah-sukabumi-0819-9600.html
    9. https://huruftimbuljakarta18.blogspot.com/2018/03/huruf-timbul-murah-kunciran-jakarta.html
    10. https://huruftimbuljakarta18.blogspot.com/2021/03/jual-huruf-timbul-akrilik-dengan-lampu.html

    BalasHapus